MOBIL PALING AMAN, F1 GRAND PRIX

Jumat, 21 Oktober 2016

MOBIL PALING AMAN, F1 GRAND PRIX


Mobil yang aman belum tentu mobil yang berlapis baja atau memiliki kaca anti peluru dll. Mobil yang aman adalah mobil yang memiliki fitur keselamatan yang canggih. Salah satunya mobil F1, mobil yang melaju dengan kecepatan lebih dari 300km/jam tentu harus aman. Apa saja fitur keselamatan dalam mobil F1?


1. KOKPIT.



Kokpit adalah ruang kemudi mobil F1. Kokpit dirancang agar bisa melindungi pengemudi saat terjadi kecelakaan. Didalam kokpit terdapat alat-alat pengaman bagi pembalap. Namun, kokpit tetap harus mudah dibuka. Jadi bila terjadi kecelakaan, pembalap bisa segara keluar dan menyelamatkan diri. Menurut peraturan, kokpit harus bisa dibuka dalam 5 detik.

2. SEATBELT.


Seatbelt atau sabuk pengaman pada mobil F1 ada 6 pasang atau 6 titik. Sabuk pengaman tersebut dipasang di kedua bahu, pangkal paha, dan perut sang pembalap. Untuk memasang sabuk, pembalap harus dibantu oleh tim mekanik. jika si pembalap ingin melepasnya, ia hanya tinggal menekan tombol pengunci.

3. SURVIVAL CELL.


Survival cell adalah bagian utuh tempat pembalap duduk. Survival Cell berada pada Kokpit. Survival Cell diletakan pada bagian depan pembalap hingga bagian belakang tangki bahan bakar. Survival Cell dapat melindungi tubuh dan kaki pembalap bila terjadi kecelakaan.

4. HANS DEVICE.


Berfungsi untuk menahan kepala pembalap agar tidak terkena daya lontar saat terjadi kecelakaan. Dengan menggunakan Hans, beban yang ditahan leher saat terjadi tabrakan akan berkurang, sehingga bisa mengurangi resiko cidera bagi si pembalap.

5. HEADREST.


Headrest adalah sandaran kepala. Headrest F1 berada di belakang pembalap dan dua bagian berada di sisi kepala pembalap. Headrest terbuat dari busa yang tidak mudah berubah bentuk, namun tetap empuk saat terjadi benturan.

0 komentar :

Posting Komentar